Peneliti Harvard Terus Mendukung Beberapa Makanan Sehat

Peneliti Harvard Terus Mendukung Beberapa Makanan Sehat

Panduan Makan Makanan Sehat Berdasarkan Ilmu Pengetahuan Terbaru Mengatasi Kekurangan di MyPlate Pemerintah AS
Publikasi Kesehatan Harvard, bekerja sama dengan pakar nutrisi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard (HSPH) pertama kali meluncurkan Piring Makan Sehat pada tahun 2011. Ini adalah panduan visual berbasis bukti yang menyediakan cetak biru untuk makan makanan yang sehat. Seperti MyPlate milik pemerintah A.S., Healthy Eating Plate sederhana dan mudah dipahami—dan mengatasi kekurangan penting pada ikon MyPlate.

“Sayangnya, seperti Piramida Departemen Pertanian AS sebelumnya, MyPlate mencampurkan ilmu pengetahuan dengan pengaruh kepentingan pertanian yang kuat, yang bukan resep untuk makan sehat,” kata Walter Willett, Profesor Epidemiologi dan Nutrisi dan ketua Departemen Nutrisi di HSPH. “Piring Makan Sehat didasarkan pada bukti ilmiah terbaik yang tersedia dan memberi konsumen informasi yang mereka butuhkan untuk membuat pilihan yang dapat sangat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan kita.”

Lihat Piring Makan Sehat.

Membandingkan Piring Makan Sehat Harvard dengan MyPlate USDA menunjukkan kekurangan dalam panduan pemerintah. MyPlate tidak memberi tahu konsumen bahwa biji-bijian utuh lebih baik untuk kesehatan daripada biji-bijian olahan; bagian proteinnya tidak menunjukkan indikasi bahwa beberapa makanan berprotein tinggi—ikan, unggas, kacang-kacangan, kacang-kacangan—lebih sehat daripada daging merah dan daging olahan; tidak ada lemak yang bermanfaat; tidak membedakan antara kentang dan sayuran lainnya; itu merekomendasikan susu setiap kali makan, meskipun ada sedikit bukti bahwa asupan susu yang tinggi melindungi terhadap osteoporosis tetapi bukti substansial bahwa asupan tinggi dapat berbahaya; dan itu tidak mengatakan apa-apa tentang minuman manis. Terakhir, Healthy Eating Plate mengingatkan orang untuk tetap aktif, faktor penting dalam pengendalian berat badan, sedangkan MyPlate tidak menyebutkan pentingnya aktivitas.

Piring Makan Sehat didasarkan pada bukti ilmiah terbaru dan terbaik, yang menunjukkan bahwa pola makan nabati yang kaya akan sayuran, biji-bijian, lemak sehat, dan protein sehat menurunkan risiko kenaikan berat badan dan penyakit kronis. Membantu orang Amerika mendapatkan saran nutrisi terbaik adalah sangat penting karena AS dan dunia menghadapi epidemi obesitas yang berkembang. Saat ini, dua dari tiga orang dewasa dan satu dari tiga anak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas di AS.

“Kami ingin orang-orang menggunakan ini sebagai model untuk piring sehat mereka sendiri atau anak-anak mereka setiap kali mereka duduk untuk makan—baik di rumah atau di restoran,” kata Eric Rimm, Associate Professor Epidemiologi dan Nutrisi di HSPH dan anggota Komite Penasihat Pedoman Diet AS 2010.

Bagian-bagian dari Piring Makan Sehat meliputi:

Bagian-bagian dari Piring Makan Sehat meliputi

Sayur-sayuran: Makanlah yang banyak ragamnya, semakin banyak semakin baik. Namun, konsumsi kentang yang terbatas dianjurkan, karena penuh dengan pati yang cepat dicerna, yang memiliki efek roller-coaster yang sama pada gula darah seperti biji-bijian dan permen olahan. Dalam jangka pendek, lonjakan gula darah dan insulin ini menyebabkan rasa lapar dan makan berlebihan, dan dalam jangka panjang, peningkatan berat badan, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan gangguan kronis lainnya.
Buah: Pilih pelangi buah setiap hari.

Biji-bijian Utuh: Pilih biji-bijian, seperti oatmeal, roti gandum merk PGSOFT, dan beras merah. Biji-bijian olahan, seperti roti putih dan nasi putih, bertindak seperti gula dalam tubuh. Makan terlalu banyak biji-bijian olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Protein Sehat: Pilih ikan, unggas, kacang-kacangan, atau kacang-kacangan, yang mengandung nutrisi sehat. Batasi daging merah dan hindari daging olahan, karena makan dalam jumlah kecil secara teratur meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker usus besar, dan penambahan berat badan.
Minyak Sehat: Gunakan minyak zaitun, kanola, dan minyak nabati lainnya dalam memasak, salad, dan di meja makan, karena lemak sehat ini mengurangi kolesterol berbahaya dan baik untuk jantung. Batasi mentega dan hindari lemak trans.

Air: Minum air, teh, atau kopi (dengan sedikit atau tanpa gula). Batasi susu dan produk susu (1-2 porsi per hari) dan jus (1 gelas kecil sehari) dan hindari minuman manis.
Ukuran bagian menunjukkan perkiraan proporsi relatif dari masing-masing kelompok makanan untuk dimasukkan ke dalam piring yang sehat. Mereka tidak didasarkan pada jumlah kalori tertentu, dan mereka tidak dimaksudkan untuk meresepkan sejumlah kalori atau porsi per hari, karena angka-angka ini bervariasi dari orang ke orang. Tujuan Piring Makan Sehat adalah untuk menggambarkan salah satu cara menyusun makanan sehat yang sesuai dengan pedoman Piramida Makan Sehat, yang dibuat oleh para ahli gizi di HSPH pada tahun 2001 dan diperbarui pada tahun 2008. (Baca tentang Makan Sehat Piramida.)

“Salah satu bidang ilmu kedokteran yang paling penting selama 50 tahun terakhir adalah penelitian yang menunjukkan seberapa kuat kesehatan kita dipengaruhi oleh apa yang kita makan. Mengetahui makanan apa yang harus dimakan dan dalam proporsi apa sangat penting untuk kesehatan.

Baca juga : 10 Makanan Tidak Sehat Yang Harus Anda Hindari